Cara Mempilkan Bahasa Yang Tidak Terbaca Di PC Anda Sekaligus Cara Agar Bisa Menulis Bahasa Tersebut

Apa anda pernah melihat atau tanpa sengaja membuka situs2 atau blog2 berbahasa China atau bahasa yang memang tidak didukung oleh komputer kita? maka tentu saja situs itu akan menampilkan tulisan tanda tanya semuaaaaaaaaaaaaa... Nah maka dari itu mungkin aja bagi teman-teman yang belum tahu, akan saya kasih tahu sekarang bagaimana cara2nya agar bahasa2 tersebut bisa terbaca oleh computer kita, tapi disini saya hanya akan memberikan cara2nya untuk XP saja dan menurut saya yang lain juga sama kok yang penting versi Windows hehehe... Sebenarnya caranya sangat mudah sekali kok tidak membutuhkan aplikasi apapun karena yang anda perlukan hanya cd Windows XP saja dan pengaturan di Control Panel. Saya juga melakukan ini untuk membuka website2 atau blog2 Vicky Zhao Wei yang berbahasa mandarin hehehe... Dan bahkan bukan hanya membaca tulisan2 bahasa China dll tapi bisa juga kita menulis di word atau dimana saja dengan bahasa tersebut. Ok deh kita langsung saja ke cara2nya :

1. Buka "Control Panel"
2. Setelah terbuka klik "Date, Time, Language, and Regional Options"
3. Lalu klik lagi "Regional and Language Options"
4. Lalu klik tab "Languages"
5. Di opsi "Supplemental language support" beri tanda centang pada "Install files for East Asian languages" bagi anda yang apabila ingin membaca bahasa asia seperti china, korea, jepang, dll juga dibutuhkan ruangan di C sebesar 250mb. Lalu beri tanda centang pada "Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)" bagi anda yang ingin membaca bahasa arab, turki, india, rusia dll juga dibutuhkan ruangan di C sebesar 10mb. Oh ya kalo ada peringatan tentang ruang di C yang dibutuhkan klik OK saja, setelah itu klik tombol "Apply"
6. Kalau menurut saya sih centang aja semuanya hehehe...
7. Maka secara otomatis nantinya akan menginstal dengan sendirinya dan apabila disuruh masukkan cd Windows XP ya masukkan saja lalu nantinya otomatis akan menginstal sendiri
8. Setelah selesai klik OK dan tinggal restart pc anda lalu setelah restart biasanya office anda akan secara otomatis men-setting dirinya sendirinya dan anda diamin saja sampai selesai jangan di cancel
9. Oh ya mungkin anda juga ingin menulis bahasa2 aneh tersebut hehehe... gampang kok!
10. Masih di tab Languanges, di opsi "Text services and input languages" klik tombol Details...
11. Lalu di tab Settings dan lihat di opsi "Installed services" klik tombol Add
12. Lalu muncul jendela "Add Input language" dan di "Input language:" klik tanda panah tersebut lalu pilih bahasa yang akan bisa ditulis di word, lalu klik OK dan klik OK lagi.
13. Dan apabila anda ingin menulis bahasa tersebut Anda klik icon "EN" di deket system tray lalu pilih bahasa tersebut, buka word dan tulis2 bahasanya.
14. Oh ya maaf kalau tidak ada screenshot-nya hehehe... maaf yah...

2 komentar: