Cara Menghapus Data Harddisk Dengan benar-benar Bersih dan Aman

Jika anda ingin menghapus data anda di harddisk lama anda secara benar-benar bersih dan aman, maka tidak cukup hanya di “Delete” saja, akan tetapi harus benar2 dibersihkan dengan tuntas, karena jika hanya didelete, maka hanya dengan menggunakan cara tertentu, file2 tersebut akan mudah untuk di recovery.
Jadi bagaimana caranya agar harddisk tersebut benar2 bersih 100% dan aman tanpa dapat direcovery lagi? Caranya dalah sebagai berikut:
Perhatian !!!: Teknik akan benar-benar MENGHAPUS DATA dan MEMBERSIHKAN HARDDISK ANDA, tanpa dapat DIKEMBALIKAN LAGI, maka pastikan data-data di dalamnya sudah anda backup terlebih dahulu.
1. Download software Darik’s Boot and Nuke disini.
erase hard drive completely
Program ini sangat efektif karena dapat menghapus dan membersihkan harddisk anda secara tuntas tanpa meninggalkan sisa. Download file ISO nya dan burning ke CD, Kemudian anda set di BIOS untuk booting menggunakan CD tersebut, biasanya untuk masuk bios dengan menekan F12 tergantung pada komputer dan mesin masing-masing. Setelah anda restart dan booting dari CD, anda akan melihat tampilan berikut:
erase hard drive completely
2. Setelah menekan Enter, maka program harus melakukan proses boot dahulu sebelum melanjutkan ke proses berikutnya. Anda akan melihat tampilan berikut
free erase hard drive
3. Tekan Space saat tanda panah mengarah pada disk yang ingin dihapus dan tekan F10 untuk memulai proses. Proses akan dimulai dan anda akan melihat tampilan berikut:
http://main.makeuseoflimited.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2010/03/DBAN_3.png
4. Biarkan semua berjalan sesuai proses dan anda akan mendapatkan layar konformasi saat proses berhasil.
http://main.makeuseoflimited.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2010/03/DBAN_4.png



Selamat mencoba :D

2 komentar:

  1. Hello,

    I wanted to send an email about a possible tool to use for complete data erasure. WhiteCanyon is the maker of WipeDrive, SystemSaver, SecureClean and many other software suites for data erasure as well as protecting information from falling into the wrong hands during recycling and repurposing. Please direct follow up emails to Marketing@whitecanyon.com . Thank you for your time. Perhaps there is the possibility to write a new article about data destruction about our software.

    BalasHapus